Kapan Jatuh Nisfu Sya’ban Tahun Ini, Apa Amalannya?

🅖𝙖𝙡𝙖𝙠𝙨𝙞𝙥𝙤𝙨𝙩.𝙘𝙤𝙢 – Sekarang kita sudah di bulan Sya’ban1443 Hijriah. Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban tahun ini jatuh pada tanggal berapa.

Bulan Syaban adalah bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Banyak amalan yang dianjurkan dibaca pada malam nisfu Syaban.

Malam Nisfu Syaban adalah malam tanggal 15 bulan Syaban atau separuh dari bulan Syaban. Lalu kapan malam nisfu Syaban 2022?

Berdasarkan keputusan Lembaga Falakiyah PBNU, 1 Syaban 1443H jatuh pada hari Jumat, 4 Maret 2022.

Atas dasar penetapan awal Syaban tersebut, maka malam nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban tahun ini jatuh pada Tanggal 17 Maret 2022 hari Kamis malam Jumat.

Pada bulan Syaban Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah.

Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Syaban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari).

Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitab Madza fi Syaban merinci, setidaknya ada tiga amalan penting yang bisa dilakukan pada malam nisfu Syaban (merdeka.com).

  1. Membaca surat Yasin 3 kali dengan masing-masing di akhir pembacaan meminta dipanjangkan umur, diberi rezeki yang halal, dan wafat dalam keadaan husnul khotimah.
  2. Membaca sebanyak-banyaknya dua kalimat syahadat atau kalimat Lailaha illa-Llah Muhammadan Rasulullah.

Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Syaban.

  1. Memperbanyak istigfar karena tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, Doa Nisfu Syaban dan Tata Cara Pembacaan Surat Yasin. Ulama menjelaskan tata cara pembacaan surat Yasin dan doa Nisfu Syaban.

Mengutip kitab Kanz an-Najah wa as-Surur, karangan Syekh ‘Abdul Hamid bin Muhammad ‘Ali al-Makkiy asy-Syafi’i, terdapat rangkain doa yang bisa dipanjatkan pada malam yang dimuliakan ini.

Rangkain bacaan Nisfu Syaban adalah pembacaan surat Yasin sebanyak tiga (3) kali, setelah menunaikan ibadah sholat Maghrib.

Bacaan surat Yasin yang pertama niatkan agar diberikan Allah SWT umur panjang yang berkah. Bacaan surat Yasin yang kedua, niatkan agar dijauhkan dari malapetaka. Sedangkan bacaan surat Yasin yang ketiga diniatkan agar Allah SWT menjauhkan diri kita dari ketergantungan terhadap manusia. (Dari berbagai sumber).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.