45% off www.bookhave.com.look at this web-site replica rolex.Under $20 replica watches.you could look here swiss replica watches.Top Seller replique montre de luxe mouvement suisse.Buy now repliki zegark贸w szwajcarskich.Best https://www.fake-watches.icu/.my response www.watchitdoit.com.Wiht 30% Discount fake rolex.click here for more watcheszs.useful reference 1:1 swiss replica watch.my site best place to buy replica watches.Check This Out https://www.pharmacywatches.com/.Top fake patek philippe.great site https://www.sextagheuer.com/.next page franck mueller replica.read this post here fake richard mille.successful feeling noob factory watches.directory bell and ross replica.

Awal Ramadhan 2023 Versi Pemerintah, Muhammadiyah dan NU

Jakarta – Jadwal puasa Ramadhan 2023 menjadi pertanyaan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Saat ini umat muslim sudah berada di akhir bulan Syaban dan segera menjelang bulan Ramadhan tiba.

Namun, di Indonesia sudah menjadi kelumrahan adanya perbedaan awal bulan hijriah. Termasuk bedanya awal bulan Ramadhan. Sempat terjadi sebagian muslim di Indonesia sudah mulai puasa sementara yang lainnya belum. Hal ini juga berimbas pada penentuan hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Contohnya pada puasa Ramadhan 1443 H atau tahun 2022 lalu. Sebagian muslimin ada yang sudah puasa di tanggal 2 April 2022. Sementara pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada keesokan harinya, 3 April 2022.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, jadwal puasa Ramadhan yang berbeda terjadi lantaran adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath).

Lalu bagaimana dengan jadwal puasa Ramadhan 2023?

Apakah tanggal 1 Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah tahun ini akan berbeda? Seperti dikutip dari detikHikmah, kemungkinan besar umat Islam akan berbarengan menjalankan puasa Ramadhan 2023. Ini disampaikan oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.

“Untuk Ramadhan besok, menurut perhitungan di atas kertas Insya Allah sama di seluruh Indonesia,” paparnya dalam konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, Zulhijah 1444 H, dikutip dari detikHikmah, Senin (13/3/2023).

Berikut ini tanggal awal puasa Ramadhan 2023 dari berbagai versi di Indonesia.

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 versi pemerintah

Keputusan awal Ramadan di Indonesia memang belum ditetapkan. Hal ini dikarenakan Kementerian Agama RI akan mengumumkan tanggal 1 Ramadhan berdasarkan sidang isbat.

Biasanya sidang isbat ini dilakukan menjelang hari-hari terakhir di bulan Syaban untuk melihat hilal.

Meski begitu, kita bisa memperkirakan kapan awal Ramadhan 2023 dengan melihat kalender Islam Hijriah tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dari kalender itu, awal Ramadhan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Hal ini dilihat dari perhitungan kalender hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang ditetapkan pada tanggal 22-23 April 2023. Artinya, dengan perhitungan 30 hari dalam sebulan, maka puasa Ramadhan akan dimulai sekitar tanggal 23-24 Maret 2023.

Dikutip dari detikhikmah, otoritas Uni Emirat Arab (UEA) juga telah memprediksi awal Ramadan untuk tahun 2023 pada hari Kamis, 23 Maret 2023 nanti. Prediksi ini berdasarkan perhitungan yang dilakukan Persatuan Astronomi Internasional (Arab Union for Astronomy and Space Science/AUASS).

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 versi Muhammadiyah

Hingga saat ini baru Muhammadiyah saja yang sudah memberikan tanggal puasa Ramadan 2023. Tanggal tersebut tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 terkait Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H yang sudah terbit sejak 6 Februari 2023 lalu.

Berdasarkan maklumat tersebut, 1 Ramadan 2023 M/1444 H versi Muhammadiyah adalah Kamis, 23 Maret 2023 M. Ini berarti, jika dihitung mundur, puasa Ramadan 2023 akan tiba dalam hitungan hari.

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 versi NU

Nahdatul Ulama (NU) juga belum menetapkan tanggal awal puasa Ramadhan 2023. Organisasi Islam ini biasanya menunggu keputusan sidang Isbat yang dilakukan Kemenag.

Kepastian 1 Ramadhan 2023, akan ditentukan setelah melangsungkan sidang isbat dengan melakukan metode pengamatan hilal oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Sumber: detik.com.
Foto: Ilustrasi.

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.