Waktu Tepat Minum Air Putih

Jakarta – Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari. Lantas kapan waktu paling tepat minum air?

Jika tubuh terhidrasi dengan cukup maka metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik, demikian juga soal kesehatan dan fungsi kognitif. Mengonsumsi air putih yang cukup juga menghindari beberapa masalah kesehatan mulai dari sembelit hingga gejala stroke.

Lewat berbagai penelitian, berikut 5 waktu terbaik minum air putih.

1. Bangun Tidur

Segera penuhi asupan cairan dengan minum air putih ketika bangun tidur. Segelas air putih di pagi hari membantu membangkitkan sel-sel dalam tubuh untuk segera siap beraktivitas.

Dengan mengonsumsi segelas air putih juga membantu tubuh mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme tubuh semalam. Jumlah yang disarankan yakni sekitar 250-300 ml air putih.

2. Sebelum dan sesudah makan

Minum segelas air putih sebelum makan membantu tubuh merasa lebih kenyang. Artinya asupan makanan yang masuk tidak akan terlalu banyak. Minum air putih sebelum makan juga membantu melembabkan lambung sebelum diisi makanan.

Tak hanya sebelum makan, air putih juga wajib diasup saat sudah selesai makan. Selain untuk membilas mulut dan tenggorokan, minum air putih juga membantu organ agar lebih mudah mencerna makanan.

3. Sebelum berolahraga

Untuk menghindari dehidrasi saat berolahraga, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih dulu setidaknya satu gelas. Resiko lemas dan cepat lelah saat berolahraga sering terjadi pada orang yang dehidrasi.

Demikian juga ketika selesai olahraga. Tubuh membutuhkan asupan air untuk menjaga kelembaban serta untuk mengganti cairan tubuh yang keluar lewat keringat. Sebagai trik, bawalah selalu botol air saat melakukan olahraga, dengan ini Anda bisa langsung minum ketika merasa lelah dan haus.

4. Sebelum mandi

Minum satu gelas air sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Air putih yang diminum harus dalam kondisi hangat. Tujuannya untuk melebarkan pembuluh darah.

Air putih juga mencairkan kadar natrium dalam tubuh, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah.

5. Sebelum Tidur 

Jika tubuh terhidrasi sebelum tidur, Anda dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini berpengaruh karena saat tubuh mengalami dehidrasi maka penyakit kardiovaskular akan semakin mudah menjangkit.

Jadi minumlah setidaknya satu gelas air putih sebelum tidur. Sediakan juga cadangan air di kamar jika saat tengah malam merasa haus bisa langsung meneguknya. (sumber : detikFood)

Poto : detikFood

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.