Update Corona di RI Selasa 11 Agustus: 128.776 Positif, 83.710 Sembuh, 5.824 Meninggal

Suaraburuhnews.com – Penyebaran virus corona di Indonesia masih belum terkendali. Hari Selasa (11/8), pemerintah mengumumkan penambahan 1.693 kasus positif corona.

Jika diakumulasi, total kasus positif corona di RI kini menjadi 128.776 orang. Sementara hari sebelumnya berjumlah 127.083 kasus.

Update corona juga dibarengi dengan meningkatnya angka pasien sembuh. Hari ini, jumlah pasien sembuh bertambah 1.474‬ orang, sehingga total sudah ada 83.710 pasien corona di Indonesia yang berhasil sembuh.

Meski begitu, kasus kematian akibat COVID-19 juga masih terjadi. Per hari ini, kasus kematian bertambah 59 jiwa. Jika diakumulasi, korban meninggal akibat COVID-19 mencapai 5.824 jiwa.

Presiden Jokowi baru saja mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung untuk meninjau uji klinis vaksin buatan China, Sinovac. Vaksin ini nantinya akan diproduksi oleh perusahaan dalam negeri, Bio Farma.

Jokowi menargetkan vaksin bisa diberikan masyarakat pada awal Januari 2021. Sebanyak 250 juta vaksin akan disebar sambil menunggu pengembangan vaksin buatan dalam negeri milik lembaga Eijkman hingga BPPT.

“Kita harapkan nanti di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi. Dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air,” ujar Jokowi usai meninjau uji klinis.

Untuk menunggu vaksin rampung, Jokowi meminta protokol kesehatan diperketat, terutama dalam penggunaan masker. Jokowi mewanti-wanti bahaya datangnya gelombang kedua corona.

Namun, sejumlah pakar mengkritik ucapan Jokowi. Sebab, gelombang pertama corona di Indonesia masih belum selesai, bahkan kian melonjak.

Editor: Aps

Sumber: Kumparan
Poto: Ilustrasi Covid-19.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.