Siapa Penganti Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin atau Imustiar ?

Tajuk
Ditulis oleh, Rojuli

Suaraburuhnews.com – Pelalawan – Tinggal menghitung hari. Masa jabatan Ketua DPRD Pelalawan, Adi Sukemi akan berakhir. Jabatan politik itu dengan sengaja harus dia lepas karena Adi Sukemi maju pada Pemilukada serentak tahun 2020 sebagai calon Bupati Pelalawan. Dan dia harus mundur karena konsekuensinya diatur dalam peraturan UU Nomor 10 Tahun 2016 Perubahan Kedua UU NO.1 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Selain itu juga partai GOLKAR telah mengeluarkan surat rekomendasi beberapa minggu yang lalu untuk dukungan pada pasangan pemilukada calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan pada pemilu serentak tahun 2020. Rekomendasi itu diberikan kepada pasangan calon Adi Sukemi dan M Rais.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlaga di 270 wilayah dalam Pilkada serentak 2020 dibuka pada Tanggal 4-6 September mendatang.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 5 tahun 2020 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

Adi Sukemi akan melepaskan jabatan Ketua DPRD Pelalawan. Lalu siapakah sosok penganti Ketua DPRD itu? Apakah Baharuddin atau Imustiar. Mari kita simak kupasan selanjutnya.

Partai GOLKAR di Kabupaten Pelalawan sejak kabupaten ini berdiri adalah parpol pemenang setiap kali pemilu. Tentu partai ini sudah banyak tau bagaimana membuat keputusan politik yang tepat siapa yang akan menjabat ketua dewan itu.

Pemilu tahun lalu ada 9 kursi yang diraih oleh partai berlogo pohon beringin itu. Dapil satu (1) H. Burhan Manjo, Dapil dua (2) Said Mashudi (Alm) dan Nasaruddin, SH, Dapil (3) Imustiar, S.IP dan Sunardi, SH, Dapil (4)
Baharudin, SH dan Abdul Muzakir, sedangkan di Dapil (5) Adi Sukemi, ST. MM dan Afrizal.

Dari 9 kursi itu akan dilakukan Penganti Antar Waktu (PAW) sebannyak dua kursi. Untuk Dapil 5 PAW Adi Sukemi, ST. MM karena maju sebagai calon Bupati dan Dapil 2 PAW Said Mashudi karena meninggal dunia.

Dari 9 legislator itu diprediksi akan mengerucut dua nama yang bakal menduduki jabatan Ketua DPRD Pelalawan itu yakni Baharuddin, SH dan Imustiar, SI.P. Hal ini dilihat dari jejak rekam politik mereka berdua selama ini.

Dilihat dari struktur kepengurusan partai GOLKAR DPD II Pelalawan mereka berdua memiliki jabatan penting selain ketua umum. Baharuddin, SH menjabat sebagai Sekretaris sedang Imustiar, SI.P menduduki sebagai Bendahara.

Kemudian siapakah yang akan tepat menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan itu? Apakah Baharuddin, SH atau Imustiar, SI.P. Kita tunggu keputusan partai GOLKAR Kabupaten Pelalawan dalam menjalankan mekanisme penentuan Ketua Dewan tersebut.

Poto : Baharuddin, SH & Imustiar, SI.P

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.