Gempa Guncang Bandung, Garut dan Cianjur

🅖𝙖𝙡𝙖𝙠𝙨𝙞𝙥𝙤𝙨𝙩.𝙘𝙤𝙢 – Bandung – Gempa menguncang Bandung, Garut dan Cianjur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa telah terjadi gempa bumi di wilayah Jawa Barat, pagi ini sekitar pukul 06:49:13 WIB, Senin (19/7/2021).

BMKG menunjukkan gempa bumi yang mengguncang di wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Cianjur kawasan selatan, Jawa Barat, memiliki kekuatan M=4.0.

Menurut BMKG, Episenter terletak pada koordinat 7.78 LS dan 107.24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km Barat Daya Kabupaten Bandung, pada kedalaman 30 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan, Caringin, Rancabuaya, Cijagra, Sindangbarang, Pamengpeuk dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” katanya melalui siaran tertulis, Senin (19/7/2021).

Hingga pukul 07:11 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Editor: Oslam
Poto : Ilustrasi net.

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.