Asap Tebal Kepung Bunut, Lahan PT Arara Abadi Terbakar

Suaraburuhnews.com – Bunut – Asap tebal kepung Kecamatan Bunut. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau mulai terjadi. Kebakaran tersebut memicu munculnya kabut asap.

Karhutla kali terjadi di Desa Merbau, Kecamatan Bunut. Karhutla terjadi pada Hari Ahad (28/6/2020).

Menurut Kepala Desa Merbau, Edi Maskur, yang tengah berada di lapangan menyebutkan lokasi Karhutla ini berada di dekat Tanaman Kehidupan (TNK) PT Arara Abadi tepatnya di Desa Merbau.

“Karhutla diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, di TNK PT Arara Abadi, akibat kebakaran ini terjadi asap pekat membumbung tinggi ke langit,” terang Edi Maskur.

Beruntung tim pemadaman cepat turun ke lokasi. Tim pemadaman ini terdiri dari masyarakat setempat, tim pemadaman dari PT Arara Abadi, pihak kepolisian dan TNI.

“Ada juga tim pemadaman dari udara, tampak helikopter melakukan water bombing,” jelas.

Asap tebal begitu pekat membumbung ke udara. Hal ini disebabkan oleh kondisi lahan bergambut dalam kondisi kering. “Ditambah tiupan angin, tampak asap begitu pekat,” tambahnya, seraya belum bisa memastikan, berapa luasan kebakaran tersebut.

Di tempat terpisah, Humas PT Arara Abadi Distrik Sorek, Marhalim, mengaku sudah menurunkan sebanyak 60 orang tim pemadaman ke lokasi. Termasuk dua unit helikopter diupayakan memadamkan api dari udara.

Hanya saja dirinya belum bisa memastikan kebakaran ini terjadi di konsesi Arara Abadi. “Belum bisa kita pastikan, lahan yang terbakar ini di konsesi Arara Abadi. Namun kita tetap berupaya memadamkan api, dengan menurunkan personel ke lapangan, begitu juga dua helikopter,” tegasnya.

Kapolsek Bunut AKP Rohani saat dikonfirmasi wartawan malam ini mengatakan,”Apinya tinggal sedikit mudah – mudahan besok sudah padam,” katanya.

Kapolsek menjelaskan juga,” Lahan terbakar lebih kurang sekitar 4 hektar, respon dari pihak perusahaan katanya sangat baik dalam menanggulangi kebakaran lahan ini yang dibuktikan dengan sigapnya petugas mereka terjun untuk memadamkan kebakaran lahan mereka dengan menerjun helikopter untuk memadamkan areal yang terbakar,” jelas AKP Rohani.

Disamping itu beberapa orang petugas Polsek Bunut sudah kita bagi bagi terjun ke lokasi untuk memantau perkembangan,”Ya, kita lihat saja perkembangannya hingga besok, mudah – mudahan dapat ditanggulangi,” ungkap Rohani.(sbnc/red/tim*).

Poto: Istimewa.Kondisi asap saat lahan PT Arara Abadi terbakar (28/6/2020)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.