Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadhan 1442 H, 13 April

๐Ÿ…–๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™จ๐™ž๐™ฅ๐™ค๐™จ๐™ฉ.๐™˜๐™ค๐™ข – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa Ramadhan 2021 akan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021 besok.

Pada hari Minggu, 11 April 2021 malam, Mahkamah Agung tidak menerima kesaksian apa pun terkait dengan penampakan hilal di Kerajaan Arab Saudi.

โ€œPengadilan akan mengadakan pertemuan pada hari Senin, 12 April 2021 malam untuk membuat pengumuman sehubungan dengan awal bulan suci Ramadhan,โ€ kata pernyataan Mahkamah Agung, dikutipย Pikiran-Rakyat.comย dari Saudi Gazette, Senin, 12 April 2021.

Dalam pernyataan sebelumnya, Pengadilan menyerukan agar seluruh umat muslim di Kerajaan Arab Saudi memperhatikan hilal Ramadhan.

Mereka mengatakan bahwa hari Selasa, 13 April 2021 akan menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan 2021, setelah rampungnya hari ke30 Sya’ban pada hari Senin, 12 April 2021.

โ€œSiapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui binokular, harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya,โ€ tutur pihak Mahkamah Agung.

Selain itu, umat muslim juga bisa melaporkan kesaksiannya kepada pihak berwenang daerah di mana dia melihat hilal.

โ€œAgar hal itu difasilitasi untuk diinformasikan ke pengadilan terdekat,โ€ ucap pihak Mahkamah Agung.

Pihak Mahkamah Agung menambahkan bahwa jika pihaknya tidak menerima kesaksian tentang penampakan hilal Ramadhan 2021 pada hari Minggu, hari ke30 bulan Syaban akan selesai pada hari Senin, 12 April 2021 ini.

โ€œDan bulan puasa akan dimulai pada hari Selasa, 13 April 2021. Ini sejalan dengan tradisi Nabi (SAW),โ€ ujar pihak Mahkamah Agung.

Sementara di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 2021 pada hari ini, Senin, 12 April 2021.

Sidang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rajidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin Nomor 6 Jakarta.

Karena masih pandemi Covid-19, sidang isbat pun akan digelar secara daring dan luring, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sidang Isbat akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 2021 yang disiarkan langsung pada pukul 16.45 WIB.

Tahap kedua adalah sidang isbat awal Ramadhan 2021 yang akan digelar setelah salat Magrib, dan digelar secara tertutup.

Terakhir, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan melalui TVRI, RRI, dan media sosial kemenag.

Editor : Oslam
Artikel ini sudah tayang di Pikiran Rakyat.com dengan judul, Hilal Tak Tampak, Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadhan 1442 H 13 April 2021 Besok.

Poto: Ilustrasi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.