Suarabiruhnews.com – Tambak – Akibat banyaknya kanal atau parit-parit perusahaan kelapa sawit di hulu Sungai Segati khususnya Desa Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, air sungainya keruh bak air susu.

Kondisi air sungai seperti itu membuat warga tidak bisa mengunakan air sungai itu untuk mandi dan minum masyarakat Desa Tambak. Pada hal sebelumnya air Sungai yang alami ini merupakan kebutuhan masyarakat desa yang mereka gubalan untuk mandi dan minum.

Pantauan SBNC di TKP Sabtu 24 Desember 2016, sungguh kental warna air sungai tersebut keruh air becampur lumpur bak seperti air susu. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi untuk mandi dan minum warga tetapi juga berpengaruh kepada tangkapan ikan nelayan.

Air keruh bak susu tersebut di hulu desa Tambak telah dibuat ratusan kanal yang mengalir ke Sungai Segati. Apabila air hujan maka air kanal itulah penyebab keruhnya air tersebut.

“Kondisi ini cukup memprinhatikan warga. Tidak hanya minum dan mandi kami yang susah, tetapi makan kamipun terancam. Karena hasil tangkapan nelayan tradisional tak dapat lagi,” Kata Hendriyanto, Ketua BPD Desa Tambak Kecamatan Langgam.(mk)

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.